Jumat, 19 Mei 2017

Smartphone Cepat Panas? Inilah 4 Langkah Pencegahannya


Di era modern seperti sekarang ini, sepertinya smartphone sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang. Segala aktifitas bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari. Awalnya yang hanya bisa untuk SMS dan telepon saja, kini setiap orang bisa berikirm email, berselanjar di dunia maya, bermain game, berkumpul bersama teman melalui sosial media, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Namun, saat digunakan untuk bermain game atau browsing dengan waktu yang cukup lama, smartphone akan cepat panas.




Hal ini biasa terjadi oleh pemilik smartphone dengan aktifitas multitasking yang tinggi dan waktu yang lama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan smartphone cepat panas. Diantaranya adalah aktifitas yang berlebihan, seperti digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu lama. Sinyal yang tidak stabil juga bisa berpengaruh pada smartphone mudah panas. Faktor lain yang membuat smartphone panas karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background. Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan membuat konsumsi baterai banyak yang terkuras, sehingga smartphone akan mudah panas. Baterai yang rusak atau membesar juga menjadi pemicu smartphone yang panas, maka segera ganti baterai smartphone jika baterai sudah membesar.
Lalu, bagaimana agar smartphone tidak cepat panas? Berikut 4 langkah pencegahan agar smartphone tidak cepat panas.

1. Cek kondisi baterai
Langkah awl yang perlu diperhatikan adalah mengecek kondisi baterai. Jika bentuk fisik baterai sudah mulai membesar, segera ganti baterai dengan yang baru. Sedikit tips memilih baterai. Sebaiknya pilih baterai dengan daya yang besar dan pilih baterai yang berjenis Li-Pro.

2. Jangan gunakan smartphone saat pengisian daya (charging)
Inilah kebiasaan yang sering dilakukan, menggunakan smartphone saat proses pengisian daya. Padahal hal inilah yang menyebabkan smartphone cepat panas dan tidak baik untuk kelangsungan smartphone. Sebisa mungkin hindari penggunaan smartphone saat pengisian daya. Sebab, jika hal ini dilakukan terus menerus akan menyebabkan baterai mudah membesar dan fatalnya bisa meledak.

3. Pilih jaringan yang stabil
Salah satu faktor yang menyebabkan smartphone panas adalah karena jaringan/sinyal yang tidak stabil. Untuk itu, disarankan untuk memilih provider dengan jaringan yang stabil di daerah Anda. Secara umum, beberapa provider sudah memiliki jaringan 3G hingga daerah terpencil, bahkan 4G untuk daerah-daerah tertentu.

4. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan dan memberatkan RAM
Aplikasi-aplikasi yang memberatkan akan memperlambat kinerja smartphone dan membuatnya cepat panas. Dengan menghapus aplikasi yang memberatkan Ram, akan membuat ruang lebih lega dan mempercepat kinerja perangkat., sehingga smartphone tidak akan cepat panas.

sumber :
http://www.webkeren.net/
https://www.melekgadget.com

Related Posts

Smartphone Cepat Panas? Inilah 4 Langkah Pencegahannya
4/ 5
Oleh